Indonesia Sudah 'Kalah' Perang Lawan Malaysia

Jumat, 12/06/2009 16:05 WIB

Pakar: Indonesia Sudah 'Kalah' Perang Lawan Malaysia

Bagus Kurniawan - detikNews

(Foto: dok Rumgapres) Yogyakarta - Indonesia telah teruji melakukan beberapa kali peperangan melawan kekuatan asing atau negara lain seperti melawan Belanda, Jepang, Malaysia, pembebasan Irian Jaya dan Timor Timur. Namun di atas kertas melawan kekuatan Malaysia dan sekutunya, Indonesia lebih banyak kalah.

Hal itu diungkapkan oleh pakar militer Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Nanang Pamudji dalam diskusi di kantor Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan (PPSK) di Blimbingsari, Terban, Yogyakarta, Jumat (12/6/2009).

"Ini terlepas dari masalah nasionalisme, Indonesia itu kalah melawan Malaysia. Dan Malaysia kenyataannya masih tetap ada," ungkap Nanang.

Menurut Nanang berdasakan atas pengalaman, kekuataan Indonesia sudah teruji

yakni ketika berperang dengan Belanda saat pembebasan Irian Jaya dan Timor Timur pada tahun 1970-an.

Namun ketika Bung Karno mengumandangkan 'Ganyang Malaysia' untuk mengganyang kekuatan neokolonialisme yang diwakili Malaysia ternyata tidak bisa. Malaysia dan sekutu-sekutunya ternya masih tetap ada sampai sekarang.

"Malaysia ternyata masih ada dan kuat sampai sekarang. Singapura boleh dikata merupakan negara yang paling kuat di Asia Tenggara untuk persenjataannya. Sekutu-sekutunya seperti AS, Australia juga masih berada di belakang mereka dan terus bermain serta mengawasinya. Bila Indonesia berani berperang lawan mereka dalam sesaat akan habis," jelasnya.

Dengar tu indon. Singapura yang Kecil kamu jangan nak lawan. Ok


Nanang menambahkan konsep pembangunan pertahanan dan kemiliteran Indonesia buruk karena tidak ada perencanaan yang matang. Kasus sengketa Ambalat dengan Malaysia hendaknya dapat menjadi review politik pertahanan Indonesia ke masa depan.

"Harus ada review ulang konsep pertahanan kita terutama mengenai konsep jangka pendek, menengah dan panjang, tidak boleh sesaat saja. Kita tidak bisa hanya berpikir soal wilayah Ambalat saja, wilayah Indonesia itu luas" kata Nanang.

Meski Indonesia sudah mempunyai buku putih mengenai pertahanan dan keamanan

lanjut Nanang, harus perbaikan secara menyeluruh yang fokus pada penangkalan. Namun buku putih itu hanya kalangan militer saja yang mengtahui. Padahal kalangan sipil terutama akademisi perlu diajak untuk membahasnya.

"Kalau ditanya untuk dijabarkan, mereka menjawab tidak bisa. Itu rahasia negara. Padahal dimana-mana menteri pertahanan itu dari sipil, mereka juga ikut merumuskan," papar staf pengajar Fisipol UGM itu.

Dia mengatakan pembelian atau pengadaan peralatan atau persenjataan militer di dunia ketiga termasuk Indonesia bukan semata-mata untuk pertahanan dan keamanan. Namun lebih banyak untuk mendapatkan komisi karena banyak broker-broker senjata yang ikut bermain.

Ada banyak kasus seperti itu terjadi di negara dunia ketiga seperti di Indonesia, Thailand dan Timur Tengah. Komisi yang didapatkan juga sangat besar.

"Lihat saja Adnan Kashogi di Arab yang dilindungi AS, di Indonesia zaman Orde Baru juga ada seperti itu. Yang jadi broker juga banyak dari lingkaran keluarga Soeharto. Dan kasus-kasus sekarang juga banyak melibatkan broker-broker senjata dari Indonesia," pungkas dia.

Andaikan hari ini perang benar-benar terjadi antara Malaysia dan Indonesia untuk mempertahankan Ambalat, saya yakin Indonesia akan kalah. Begini alasannya. Lihatlah peralatan militer negara kita, sudah usang, rapuh, dan tidak aman. Buktinya dalam dua bulan terakhir ini sudah 4 pesawat TNI yang jatuh dan memakan banyak korban jiwa, khususnya para prajurit terbaik bangsa. Mereka harus gugur bukan karena berperang, tetapi karena faktor teknis pesawat yang sudah tidak aman lagi untuk diterbangkan. Itu baru pesawat udara, kondisi yang sama juga terdapat pada kapal tempur di lautan. Hampir semuanya berusia tua, lamban, dan kurang didukung peralatan canggih. Embargo militer dari AS membuat Indonesia tidak bisa memperbarui peralatan militernya. Banyak onderdil peralatan militer tidak bisa dibeli dari Amerika, akhirnya prinsip kanibalisme pun berlaku. Onderdil peralatan yang satu dicomot dari peralatan yang lain yang tidak terpakai untuk menyiasati onderdil yang tidak bisa dibeli dari AS. Benar-benar menyedihkan. Jadi, bagaimana mau bertempur dengan kondisi peralatan militer yang pas-pasaan itu?

Sedarlah Indon. Ko xkan dapat mampu mengalahkan Malaysia dengan Senjata cabukmu itu. simpan buat Hiasan dinding sudah.


Malaysia, meski negaranya lebih kecil dari Indonesia, tetapi lebih makmur. Dengan kondisi keuangan mereka yang lebih baik, diam-diam mereka mempercanggih peralatan militer sembari mengamat-amati kondisi militer negara tetangga. Sebagai test case, mereka memprovokasi kapal perang TNI di perairan Ambalat. Maksudnya sih untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kecanggihan kapal tempur TNI itu.

Orang-orang Indonesia yang geram dan marah melihat Malaysia memprovokasi TNI di Ambalat tergugah pula rasa nasionalismenya. Kemarahan itu sebenarnya sudah disulut sejak lama, sejak para TKI kita menjadi bulan-bulanan penyiksaan para majikan di Malaysia. Begitu rendah nilai orang Indonesia di mata orang Malaysia, sehingga di Malaysia para TKI itu dipanggil Indon. Isu TKI belum habis, muncul pula klaim dari Malaysia yang membajak karya budaya yang dianggap milik Indonesia, seperti batik, angklung, reog, lagu rakyat Maluku, dan sebagainya. Lalu terakhir isu si cantik jelita Manohara ikut pula memanasakan suasana. Kloplah semua itu untuk memantik semangat heroik para pemuda. Dimana-mana muncul pasukan sipil dadakan, pasukan bela diri, atau pasukan berani mati yang siap berperang melawan Malaysia. Dengan rasa marah yang memendam, mereka siap dikirim ke Ambalat untuk bertempur. Semangat sih boleh saja, tetapi saya kira sia-sia saja usaha mereka itu. Mau berperang dengan Malaysia pakai apa mereka itu? Pakai bambu runcing atau senjata rakitan? Jelas mereka akan mati duluan dibom pesawat tempur Malaysia yang canggih itu.

Dari segi jumlah penduduk Indonesia memang jauh lebih banyak daripada Malaysia. Mungkin kalau perang langsung satu lawan satu dengan rakyat Malaysia jelas Indonesia akan menang, tetapi itu kan perang zaman kuno. Sekarang ini perang zaman modern adalah perang antara militer dengan militer, peralatan canggih versus peralatan pas-pasan. Diatas kertas jelas negara yang mempunyai peralatan tempur yang canggih yang akan menang. Jumlah penduduk negara tidak punya peranan penting. Lihatlah Israel, negara mini di Timur Tengah, tetapi mereka mampu mengalahkan negara-negara Arab dalam perang 6 hari pada tahun 1960-an ketika merebut dataran tinggi Golan, padahal penduduk Israel hanya beberapa juta jiwa, namun mereka mempunyai senjata ultramodern yang tidak dimiliki oleh negar-negara Arab.

Jadi, kalau melawan Malaysia, Indonesia harus berpikir ulang 999 kali sebelum benar-benar membunyikan genderang perang. Jangan-jangan nanti kita dipermalukan negara kecil itu karena kalah.

Yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana memikirkan keselamatan para prajurit TNI itu. Janganlah mereka mati sia-sia lagi karena menaiki kendaraan militer yang tidak aman. Saya miris setiap kali melihat episode keluarga prajurit itu yang bersimbah air mata ketika ayah atau suami mereka dimasukkan ke liang lahat. Kita mungkin hanya bisa bergumam: kasihan, sesudah itu kita sudah lupa dengan peristiwa itu sebelum nantinya dikejutkan lagi dengan peristiwa yang sama untuk kesekian kalinya. Kita sudah lupa dengan nasib anak-anak mereka yang masih kecil atau istri mereka yang jadi janda yang hidup berdesakan-desakan di barak-barak sempit. Masa depan keluarga TNI yang tewas karena kecelakaan itu menjadi suram karena sang pencari nafkah mati sebelum berperang.

Jadi, daripada memikirkan perang melawan Malaysia, mengapa tidak memikirkan keselamatan para prajurit dan keluarga

39 comments:

HuHa said...

belom perang dh mengalah???
mn keberanian indon??

dickfunkee said...

malingshit lo merdeka dikasih sama inggris aja, bangga...ingat KOPASSUS peringkat No 3 di dunia.Malingshit peringkat berapa?

Unknown said...

Ha ha..Ha.. semoga Malaysia dapat segera menjadi propinsi Ke-34 di Negara Kesatuan Republik Indonesia.. Ganyang Malaysia !!

Anonymous said...

kalian rakyat Malaysia boleh bangga akan semua kemakmuran yang kalian dapatkan. Tapi INGAT! kalian hanya negara kecil yang tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari inggris dan NKRI! dan kalian tak bisa pungkiri itu. Kami NKRI lebih kaya dari kalian dan lambat laun negara kalian akan segera tunduk pada saatnya kepada NKRI! lihat saja nanti, sekarang kalian bilang tak mungkin, tapi esok kalian akan merengek2 kepada kami. Kalian menghina-hina kami seenaknya, kalianlah yang memulai kehancuran kalian itu sendiri! Jangan remehkan suatu kaum yang rendah karena karena itu akan menjadi boomerang bagi kalian!!!

Anonymous said...

Hei..Indonesia Dan Malaysia..
Kita Ini Saudara Serumpun, Jangan Saling Injak..
Kalau Menurut Saya Kita Berdua Ini Wajib Berkaca..
Indonesia Jangan Mau Menang Sendiri, Sebelum Mencela Orang Lihatlah Diri Kita Sendiri Dulu..
Malaysia Juga, Jangan Mengusik Indonesia Dengan Hal Macam - Macam Seperti Mengklaim Budaya, Menggeser Patok Perbatasan, Mencuri Sumber Daya Alam, Penyiksaan
TKI, Klaim Ambalat, etc..
Budaya Seperti Batik, Reog, Wayang, Rasa Sayange Song, Angklung, Cendol, Rendang, Itu Semua Bolehlah Di Share, Tetapi Janganlah Dijual Ke Bangsa Lain
(commercialize), Cukup Untuk Consume Dalam Negeri Saja, Saya Juga Tahu Kalau Negri Malaysia Itu Anchestornya Juga Dari Berbagai Belahan Dunia..
Indonesia Juga, Kita Harus Sadar Bahwa Nenek Moyang Kita Berasal Dari Berbagai Suku And Ras Example : Arab, China, Netherland, Africa, Portugese, India..
Jadi Kebudayaan Indonesia Dan Malaysia Itu Merupakan Hasil Dari Akultrasi Budaya Para Nenek Moyang, Misalnya Mahabarata And Ramayana Dalam Wayang Kulit,
Mahabarata And Ramayana Itu Asalnya Dari India, Jadi Jangan Merasa Bahwa Itu Mutlak Milik Kita..
Kita Baru Boleh Marah jika Budaya Kita Itu Dijadikan Barang Jualan Bangsa Lain (commercialize) Atau Dipatenkan / Di Klaim..
Dan Kita Juga Harus Marah Kalau Ada Yang Mengutak - Atik NKRI, NKRI Itu Harga Mati Bung..
Jadi Kita Janganlah Terlalu Membesar - Besarkan Masalah, Kita Baru Boleh Marah Jika Dua Hal Itu Terjadi..
Bagi Malaysia, Tolong Pahami Bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia HARGA MATI, Jangan Menggeser Patok Dan Batas Wilayah, Rakyat Indonesia Tidak Akan
Marah Jika Tidak Di Usik, Begitupun Rakyat Malaysia Tidak Akan Marah Jika Tidak Diusik..
Dan Bagi Para Admin Blog Ini Tolonglah Jangan Memperkeruh Suasana..
Seharusnya Blog Ini Dijadikan Alat Pemersatu, Bukan Malah Menjadi Alat Pemecah Belah..
Best..Regards..

Wafie Push Push said...

ak xtau ar indon.......suke menghina negara org...mcm2 negara dy nak hina...
kalo dy negara beso xpew.
ak dulu xpenah fikir nak benci indon...after ak tgk depa anti malaysia atas dasar benda kecik...nek sket aty ak...
apela salah malaysia smpe sume nak ngejek...niela dikatakan bodo xleh ajo...

Anonymous said...

hei indogsial...nak serang malaysia ya?negeri sedege aceh pun nggak bisa ngurusin bila di timpa celaka...dasar indon bego...otak nya di pantat...lain kali cermin dulu lho...rakyat mu yg gembel itu ramai yg datang malaysia naik tonkgang diusir malah datang lagi...nggak tau malu!rakyatmu ramai yang jadi perampok..pemerkosa..dan terlibat dgn kasus jenayah berat di malaysia...dulu tentera kita yang datang nolongin rakyat mu pernah di baling sama batu...ibarat nya seperti menolong anjing...bila anjing nya di lepasin malah digigit tangan orang yg menolong itu...emang kayak anjing sesuai negara mu di gelar indog sial...rakyatnya aja ramai tapi yang ramai itu cuma kayak babi......lagi satu aku mau bilang sama lho...manohara itu lambang keagungan rakyat mu yg ramai jadi gembel dan maling di malaysia...lho tu sebenarnya maling indogsial...teruskan menyalak sok di internet...kita rakyat malaysia nggak tergugat kalau indogsialan jogoan nya cuma di internet doank...dasar indog sialllll!!!!

Anonymous said...

huahahah
jangan bacod doank lo malayTOD

lo2 pada emang ngga mau akuin kan kalo negara miskin lo itu (yg sempet2nya nyempil juga di pulau kalimantan) udah comot2in budaya dan bahasa Indonesia, trus lu klaim sebagai kepunyaan lu? wakakakak, kasian bgt hidup lu, kasian bgt yg bikin blog ini, NO-LIFER, orang2 tolol kyk lu cocoknya di kutub sono biar pada mati sekalian~

wakakakak, poor bitches... get the fuck off!

Anonymous said...

INDON MEMANG PUKIMAK!!! APAHAL SUKA SUKA KOMEN.. BLAH LA KAU!!! DI SINI ORG GELAR KAU INDONESIAL!!! TAU TAK BETAPA SIAL... DA LA MEREMPAT KAT NEGARA ORG,,, BEKERJA PULA DGN BAPAK AKU.. NASIB BAIK LA KORANG ISLAM... MERAYU MINTAK KEJE/// PUKIMAK BETUL INDONESIAL.. JANGAN PAKAI BAHASA HARAM KAU TU INDONESIALLL.. INDONESIAL INDONESIAL

Anonymous said...

ada hati cakap negara INDONESIAL kaya.. KAU DENGAR NI PUKIMAK INDONESIAL!!! KAYA KEPALA BUTOHH!! APAHAL PULAK AKU NAK TUNDUK DGN NEGARA KAU!! kau betulkan dulu sistem kerajaan kau tu.. rakyat kau yang merempat tu kebajikan diaorg mcmana???.. itu yang patut kau pikir!!!! jgn merempat ke hulu ke hilir!!!! INDONESIAL!!!!!

Anonymous said...

MCMANA SI INDONESIAL BABI NI BOLE BUAT KOMEN KAT SINI!!! HEI PUKIMAK!!! JGN PAKAI BAHASA HARAM KAU TU KAT SINI!!! 2 JUTA RAKYAT KAU TU CARI MAKAN KAT SISNI TAK SEDAR DIRI PUNYA INDONESIAL!!! NI LAH!! IBARAT MENOLONG ANJING YANG TERSEPIT!! ANJING TU INDONESIAL!!!!

Anonymous said...

indonesial!!! INDONESIAL!! INDONESIAL!!

Anonymous said...

apahal kau nk buat komen kat sini indonesial!!! kau da tak de blog kau sendiri ke indonesial!! oh lupa.. sebab kau tu indonesial.. banyak sangat sial kau tu.. aku nak belasah mat indon la esok pagi... da 2 hari tak belasah.. boring pulak.. ok indonesiall.. oh indonesial kenapa kau sial????

Anonymous said...

WOI!!! dickfunkee SIAL!! KAU APAHAL PULAK NAK KOMEN KAT SINI.. JANGAN PAKAI BAHASA HARAM KAU TU PUKIMAK!! KAU CERMIN DIRI KAU TU DULU.. DASAR MEREMPAT!!! INDONESIAL!!! NEGARA KAU TU BETUL SANGAT KE BABI!!! INDONESIAL!!!! AKU TENGOK MUKA KAU PUN DA MACAM BABI BELAAN INDONESIAL.. PEREMPUAN SEBELAH KAU TU PULAK MACAM BABI BETINA CAMPUR DGN BABI HUTAN!!! FUCK OFF INDONESIAL!!!!

Anonymous said...

aku betul2 tak puas hati dengan indonesial!!! mcmana si pukimak indonesial ni buat komen kat sini!!! pergi berambus la kau indonesial!!!

Anonymous said...

aku rasa mata si indonesial bodoh nak mampus ni tak nampak!! KAU DA NAMPAK INDONESIAL BLOG NI, ADA HATI NAK JUGAK MASUK KOMEN!! dasar merempat memang macam tu!!! main sondol je!! pukimak indonesial!!! berambus kau indon celaka sial!!! gua memang tak puas hati ni INDON PUKIMAK!!!!! SIAL!!! MALAM ni aku nak pukul mat indon puas puas!!!! arghhhhhhhh!!!!!

Anonymous said...

wei indonesial bangsat!!!! apaehal pulak aku nak merengek kat kau bangsat !!! siape yang mulakan!!! indonesial!!! kau tu memang merempat selama lamanya!!!!! kau paham tak bangsat!!! da la bangsa kau tu merayu rayu mintak kerja dengan bapak aku!!! atas belas kasihan sesama islam bapak aku benarkan bekerja!!! bergaji RM 55.00 SEHARI!!! bukan rupiah bangsat!!! kau kata aku nak merengek dengan kau!!! hei bangsat bukak mata kau tu besar besar!!!! pukimak punya indonesial!!! siape yang meminta!! aku tak suruh pun mat indon tu datang kat bapak aku mintak kerja pukimak!!! bodoh punya indon!!! dah di bagi kesenangan macam ni balasannya!!! indonesial babi!!! indonesial!!

Anonymous said...

kau tu memang merempat selama lamanya!!!!! kau paham tak bangsat!!! da la bangsa kau tu merayu rayu mintak kerja dengan bapak aku!!! atas belas kasihan sesama islam bapak aku benarkan bekerja!!! bergaji RM 55.00 SEHARI!!! bukan rupiah bangsat!!! kau kata aku nak merengek dengan kau!!! hei bangsat bukak mata kau tu besar besar!!!! pukimak punya indonesial!!! siape yang meminta!! aku tak suruh pun mat indon tu datang kat bapak aku mintak kerja pukimak!!! bodoh punya indon!!! dah di bagi kesenangan macam ni balasannya!!! indonesial babi!!! indonesial!! memang dasar indonesial bangsat!!!! negara berhutang!!! matawang terendah di dunia!!! wei kau pukimak indonesial tak payah nak banyak cakap babi indon!!! indonesial memang keturunan babi!!! indonesial!!! indonesial!!!lagi satu aku nak cakap babi indonesial!!! kadar pertumbuhan ekonomi kau tu hebat sangat ke!!! cakap tak de otak!!! ganyang malaysia konon!!! bagi mak bapak kau tu makan dulu kat rumah!!! rakyat merempat nak ganyang malaysia!!! aku rasa korang ni memang bodoh!!! lupa pulak aku,, memang ye keturunan bodoh!!! indonesial!!! haram jadah indonesial!!! pukimak indonesial!! bangsat indonesial!!! try la datang sini kau punya pengikut BENDERA kau tu... macam pukimak aku tengok muka muka haram korang!!! pelajaran da la tak tinggi!! ilmu pun tak de!!! merempat pulak tu!! mintak kerja dengan aku!!! INI BALASAN SI INDONESIAL!!! MEMANG SIAL PUNYA INDONESIAL!!!! cakap pakai kepala lutut!!! tak guna akal!!! aku memang nak tengok sangat berani tak datang sini!!! biar aku ganyang gila gila muka muka haram indonesial!!! KAU TAHU TAK MUKA KORANG DAH LAH HARAM!!! NAJIS!!! LUPA PULAK AKU MEMANG DIA ORANG PUN SUKA MAIN TAIK!!! HA HA HA!!! KETURUNAN HARAM INDONESIAL!!! SIAL INDON!!!!

Anonymous said...

intinya malaysia itu negara kayak upil, nyempil di NKRI, bagian dari kalimantan, cocoknya tuh malingshit jadi profinsi aja kali yee... hahahahahahaha...

Anonymous said...

Woy malaysia tolong hentikan smw ini! Krn wlwpun kalian itu dibantu oleh amrik itu cma akal2an mereka. Jika kita berperang mereka akan ikut campur tangan dan kembali menguasai kita n apa kita mw dijajah kembali oleh mereka. Ya q tw klw kalian selalu dibantu oleh amrik kami pasti kalah. N pasti kalu kami udah kalah kalian gx bkal nguasai kami malahan mungkin kalian yg akan dijajahnya jg.

Unknown said...

Jd mending damai deh!!! Gmn klw kta bersatu untk ngalahin israel yg udah begitu kejam dan jahat kepada saudara muslim kita. Malay juga mayoritasnx muslim

Anonymous said...

Assalamualaikum..hai saya muslim Malaysia..maaf saya tak sokong blog macam ini....bukan jalan penyelesaian malah jalan perpecahan...jangan emosi sangat...ok..peace...

Anonymous said...

Tak abis2 lagi ke,,,,tak penat ke kutok2 ni,,,haishhh,,,, gaduh dgn kutok2 kat sini bolehlah,tapi kalau suruh keluar lawan,berani ke...????
Dah la,,,,takkan la korang tak sukakan keamanan,,,,buang masa la,,,kita hidup kat dunia ni tak lama,,,baik isi dgn perkara berfaedah,,,majukan diri sendiri,,barulah kita boleh majukan bangsa,negara dan agama kita,,,,, peace no war,,,malaysia dan malaysia jgn gaduh2 ye,,,,love ya ^o^

Anonymous said...

assalaamu'alaikum ,,saya orang indonesia .. saya salah satu orang yg tidak pernah menghujat atau berpikir aneh2 tentang malaysia .. betul jauh lebih baik kita akhiri semua pertikaian ini .. tunjukan kalo kita punya Iman terhadap Allah ,,malu sama Allah kalo kita diciptakan hanya untuk saling menghujat ...disana Allah sedih .. ayolah kita sama2 perangi musuh yg sebenarnya ,yg sedang membantai Palestine ,Afganistan ... maaf buat orang2 Malaysia yang sudah terlanjur Emosi ., saya sungguh mengharapkan Indonesia dan Malaysia damai ..sungguh indah rasanya bila seperti itu dapat terwujudd .amiiinnn Ya Allah ...

Anonymous said...

malingsial malingsial malingsial bodoh anjing berak babi dan kafir kafir kafir ini blog punye idonesie jangan koment disini anjing rakyat tak punye blog melarat keturunan setan disini lbih banyak orang indonesie yang koment oi berak lihat negaramu ancur bodoh miskin haram melarat anjink babi berak dasar rakyat sampah

Anonymous said...

ya allah ayo ganyang malingsial aminnnnnn mana kok sudah mengalah dasar bodoh kafir

Anonymous said...

malingsial pukimak keliru liat muka orang malingsial mirip taek berak encer kental babi hehehehe

Anonymous said...

Lu mau bacod mem bacod ama gue ayo sini!! Gak takut gue

Anonymous said...

sedih juga,,, indonesia dan malaysia itu satu saudara,, 2 bangsa yang terpisah bendera dan sekat2 kenegaraan. itupun di buat oleh penjajah2 kita dulu, Ingat2 sejarah lah bagaimana kongkalikong (perkongsian) belanda dan inggris dulu,, Aslinya kedua negara ini sama2 mayoritas muslim dan sebagian besar penduduknya rumpun melayu,, buang2 tenaga dan waktu saja jika berperang, Dan bagi sebagian warga malaysia yang menghina indonesia klo non muslim saya maklum tetapi klo dia muslim dan yang dia rendahkan muslim juga apa pantas ya?? Silahkan kalian (indo vs Malay) saling membunuh dalam perang,, saya lebih baik mengungsi ke Amerika atau negara lain,, tak mau saya membunuh sesama muslim,, memang pemimpin negara mau pertanggungjawabkan dosa2 kita diakherat,? Dan saya malu pula klo berperang,, Karena kebodohan mudah terhasut kebencian

budi said...

Weh, orang melayu...katanya bertamadun, sopan santun....ternyata hoby juga berbahasa binatang....ck ck, mau kiamat ky ni.

Unknown said...

Hahahaha...terima la hakikat..indogsial negara lemah..jgn malu nak mngaku dong..hahahaha...indogsial sbuah negara yg bodoh smbong, makanya malaysia lebih rmai sekutu drpd indogsial..

Unknown said...

Ngomomg apa lu???...tido siang hri aja...mata wang aja jauh beza dgn malaysia...hahahaha

Unknown said...

Ngomomg apa lu???...tido siang hri aja...mata wang aja jauh beza dgn malaysia...hahahaha

Anonymous said...

Malingsial......!!!×_×malingsial....!!×_×malingsial....!!!×_×
maling sepenuhnya

Anonymous said...

nyatanya tahun 2005 malesia kalah sama indonesa di sabah
berapa kepala prajurit malesia yang putus
hanya saja dibuat top secret, tak ada pemberitaan

megadusa588 said...

Militer Malingsial lemah, tanpa sekutu malingsial pasti kalah. PM malingsial mengemis bantuan UK & AUTRALIA hahah macam tai kucing..

Thambu BT said...

Hahaha ko ingat indonesia alin sangat ke,kt malaysia ramai perempuan pka tudung,indonesia skit jerr prmpuan yg paka tudung ni,

Thambu BT said...

Aku sokong,indon macam babun jerr aq tgok

Titanium Tube - baojititanium.blogspot.com
› mv-cib-tube-n 전주 출장안마 › mv-cib-tube-n Oct 5, 2021 — 시흥 출장마사지 남양주 출장안마 Oct 5, 2021 Titanium Tube has never been more impressive than its original design, as the titanium tube has been designed with a 나주 출장샵 thin titanium tube handle that offers a

Blog Widget by LinkWithin